Sabtu, 15 Desember 2007




KULIAH UMUM

(Stadium General)

Natural Resources : The Concept of Sustainability

Bersama

Prof. Ralph Mitlohner

University of Gottingen Germany

Tanggal 8 November 2007 yang lalu Departemen Kehutanan Universitas Sumatera Utara Kedatangan tamu dari University of Gottingen Germany yaitu Prof. Ralph Mitlohner. Beliau adalah salah satu guru besar dari Faculty of Forestry Science and Forest Ecology University of Gottingen Germany.

Dalam kuliahnya beliau menekankan bahwa kita (khususnya para rimbawan/forester) harus punya ikatan yang kuat dan kerja keras dalam menjaga kelestarian sumber daya hutan yang dimiliki Selain itu perlu banyak studi untuk mendapatkan nilai tambah dari hasil hutan non kayu (obat-obatan dan bahkan biofuel). Selain itu perlu juga penelitian-penelitian terkait dengan fungsi hutan yang near-natural-forest (hutan mendekati alami), karena pengembangan hutan monokultur dikhawatirkan di masa mendatang dapat menimbulkan banyak masalah. Near-natural-forest memang bukan ide yang baru sebenarnya tetapi menjadi penting ketika belum banyak konsepsi pengembangannya. Diharapkan para forester lokal (istilahnya yang tahu wilayahnya sendiri/bukan import dari luar negeri) mampu mengidentifikasi hal-hal apa saja yang penting guna pengembangan near-natural-forest tersebut.


Diakhir acara dibuat sesi tanya jawab, dan alhamdulillah meskipun kuliah mulainya jam 13.00 WIB, banyak juga mahasiswa yang bertanya. Mulai dari carbon trading, hutan kota dan lain-lain. Pak Prof Ralph juga pesan agar moment ini bisa dijadikan sebagai awal networking antara Faculty of Forestry Science and Forest Ecology University of Gottingen Germany dengan Departemen Kehutanan Fakultas Pertanian USU.

Terima kasih kepada Pindi Patana, S.Hut, M.Sc atas bantuannya sebagai host dalam acara ini. Beliau adalah alumni dari University of Gottingen Germany meskipun bukan bimbingan prof. Ralph.



Tidak ada komentar: